Majene  

Bupati Majene Menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia

Bogor, Chanelsulbar.com–Dalam rangkah penguatan pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia.

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda yang digelar di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor mengusung tema yang bertajuk “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi” ini dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta para Undangan sebanyak 4.545 dari Pemerintah pusat hingga daerah. Selasa, (17/01/2023)

Mendagri Tito Karnavian, dalam laporan Kegiatan Pelaksanaan menyampaian bahwa pertumbuhan ekonomi secara Nasional terus menunjukkan Angkah Positif yang berdasarkan laporan BPS Kwartel ke-3 Tahun 2022 mencapai Angka 5,72 Persen.

Tingkat Inflasi juga terkendali dengan baik, sesuai dengan data badan Pusat Statistik September 2022 yaitu 5,95 Persen, kemudian dibulan Oktober 2022 turun menjadi 5,71 persen dan November 2022 5,42 Persen dan trakhir bulan Desember 2022 terjadi kenaikan sedikit yaitu 5,51 Persen yang disebabkan adanya Poladiman yang bersifat Musiman diperayaan hari Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga:   Monitoring dan Evaluasi Program PKH Kab. Majene

Presiden Joko Widodo dalam Arahannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras kita dalam menangani Pandemi sehingga berhasil terkelola dan terkendalikan dengan baik dan juga stabilitas ekonomi juga bisa kita pertahankan sehingga berapada posisi yang sangat baik.

Jokowi mengingatkan bahwa meskipun kita mampu melewati Tahun Turbulensi Ekonomi di 2022, kita mesti berhati-hati di tahun 2023 karena tahun ini masih Ujian bagi ekonomi kita mapun Global.

“Hati-hati, semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya, mendeteksi semua informasi dan data-data yang ada dilapangan, jangan sampai kita keliruh membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu, harus berbasis data dan fakta dilapangan”

Baca Juga:   Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional Dirangkaikan HKN ke-59

Dalam penangan Inflasi, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh Kepala Daerah untuk bersama-sama mengawasi harga-harga barang dan Jasa.

“saya meminta seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota Bersama-sama dengan bank Indonesia agar terus memantau Harga-harga Barang dan Jasa yang ada dilapangan sehingga terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian sehinnga bisa kita antisipasi dan selesaikan”

Bupati Majene Andi Syukri Tammalele yang turut Hadir dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia, mengapresiasi dan mendukung Penuh Kebijakan Pemerintah Pusat dalam Penguatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

“Selaku Pemerintah Daerah kita sangat mengapresiasi Capaian Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang begitu baik dan selanjutkan kita akan bekerja lebih keras untuk meningkatkan pertumbuhan Perekonomian Masyarakat dengan memanfaatkan Potensi-potensi sumber daya yang kita miliki saat ini”

Baca Juga:   Menyongsong Tahun Politik 2024, AST-ARIS Semakin Solid

Selain itu, Bupati Majene juga akan memberikan perhatian penting terhadap Pengendalian Inflasi di daerah, merujuk pada Arahan Presiden Joko Widodo bahwa kepala Daerah diharapkan untuk turut aktif secara langsung untuk memantau harga-harga barang dan Jasa untuk mencegah terjadinya Inflasi.

“terkait Inflasi, walaupun hari ini masih terkendali dengan baik, namun penting untuk melakukan langkah pencegahan agar tidak menjadi masalah Besar dikemudian hari. Olehnya itu, kita akan senantiasa mengawasi harga barang dan Jasa di Kabupaten majene, bersama Jajaran Forkopimda dan Masyarakat Insha Allah kita akan menjaga Stabilitas serta meningkatkan Perekonomian Masyarakat dan Mengendalikan Inflasi di Kabupaten majene, Karena ini adalah Rumah Kita” Tutup Andi Syukri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *