Disdikpora Kab. Majene Jaling Kerjasama LPMP Sulawesi Barat

MAJENE – LPMP Provinsi Sulawesi Barat sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam hal ini memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan Kualitas Data Pendidikan di Provinsi Sulawesi Barat.

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam melaksanakan tugas ini adalah mengkoordinir manajemen pengguna dapodik, mengawasi dan meningkatkan kualitas data pokok pendidikan melalui mekanisme validasi secara aktif, sehingga didapatkan data dapodik yang dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan di wilayah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

Baca Juga:   Disdikpora Majene Laksanakan Sosialisasi RKAS Dana Bos 2023

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian, kualitas Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Provinsi Sulawesi Barat masih berkategori rendah. ungkap Kadisdikpora Majene, Mithar Ali, Rabu (29/3/2023).

Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Barat mengharapkan agar Dinas pendidikan kabupaten dan provinsi menindaklanjuti data tersebut.

Dinas Pendidikan Kabupaten Majene sebagai bagian yang ikut bertanggung jawab terhadap kondisi tersebut langsung memberikan respon positif dengan melakukan kegiatan Pengelolaan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar dan Menengah bekerja sama dengan LPMP Provinsi Sulawesi Barat.

Baca Juga:   Bupati Dan Wakil Bupati Majene Kompak melepas Arak-arakan Messawe Totammaq

Kegiatan tersebut sebagai upaya perbaikan kualitas data pokok pendidikan dan penyamaan persepsi terhadap pengelolaan sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah.

Kegiatan tersebut peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari unsur kepala sekolah dan operator satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Majene.

Bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan untuk Materi DAPODIK Muh.Ikbal Efendi dari Satgas Dapodik SMA Provinsi Sulawesi Barat, Sarmin, S.Pd. M.Pd. (Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kab.Majene) Murdianto, S.Pd.M.Pd (Fungsional PTP LPMP Sulbar) dan Hasbullah, S.Pd.(Co Capten belajar.id Majene).

Baca Juga:   Bupati Majene Serahkan 24 Unit Rumah Relokasi Gempa

Diharapkan setelah selesainya kegiatan ini kualitas data Dapodik Sulawesi Barat khususnya Kab. Majene dapat meningkat dari sebelumnya dan mengharapkan adanya tindak lanjut dari kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *