Forum BPD: Inspektorat Segera Audit LPPD dan LKPD Desa

Majene,Fokustimes.com–Massa Aksi Yang Berasal Dari Forum BPD Kabupaten Majene meminta Inspektorat untuk mengaudit Laporan Pertanggung Jawaban Desa (LPPD) dan Laporan Keuangan Pemerintah Desa (LKPD) Teruntuk seluruh Desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak 2023.

Hal Tersebut disampaikan Oleh Munir, Ketua Forum BPD saat melakukan audiens bersama Pemkab dan unsur Forkopimda Majene, bertempat diruang rapat Wakil Bupati Majene, Selasa 16 Mei 2023.

Menurutnya, sejak Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan di gedung DPRD Majene, Forum BPD sekalipun tak pernah diundang dalam membicarakan pelaksanaan Pilkades.

Baca Juga:   Pasca Kebakaran, Pemda Menempatkan 1 Unit Mobil Damkar di Kec. Malunda

“Padahal, BPD memiliki andil besar dalam pelaksanaan Pilkades. Salah satunya, Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan secara regulasi, kami diberikan hak sepenuhnya mengurusi hal tersebut,” ujar Ketua Forum BPD Majene.

Munir menyampaikan, Bupati Majene harus lebih matang mempertimbangkan penyelenggaran Pilkades 2023. Selain cenderung memiliki potensi keributan juga ada sejumlah masalah yang dihadapi Pemkab hari ini.

“Jadi kami mempertegas, Forum BPD tidak memiliki niat untuk menghalang-halangi penyelenggaran Pilkades tahun 2023. Namun, ada indikator yang dijadikan rujukan untuk meminta Bupati lebih matang dalam mempertimbangkan wacana Pilkades 2023,” ungkap Munir.

Baca Juga:   Kabar Gembira, PEMDA Segera Bayarkan TTP ASN Majene Yang Menyeberang

Ia mempertegas, kami meminta pihak Inspektorat dan pihak pemeriksa lainnya, untuk mengaudit LPPD dan LKPD seluruh desa yang akan melaksanakan Pilkades Tahun 2023 Sebelum Tahapan Pilkades Dimulai.

“UU Nomor 6 Tahun 2004, secara tegas menjelaskan, enam bulan masa jabatan kepala desa berakhir Laporan Pertanggung Jawaban Desa (LPPD) dan Laporan Keuangan Pemerintah Desa (LKPD) untuk segera dimasukkan,” tegas ketua Forum BPD.

Baca Juga:   PMII Komisariat Unsulbar Mendukung Polres Majene Dalam Menjaga Situasi Kamtibmas Kab. Majene

Hadir dalam audiens, Bupati Majene, Wakil Bupati Majene, Sekda Majene, Kepala DPMD Majene, Kajari Majene, Dandim 1401 Majene, Perwakilan Polres Majene dan Forum BPD Majene.

Sebelumnya, Forum BPD melakukan aksi dihalaman Kantor Bupati Majene. Dan menyampaikan sejumlah tuntutan serta meminta Bupati Majene untuk mempertimbangkan secara baik dan mempertegas sikapnya mengenai pelaksanaan Pilkades pada tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *